![]() Senin, 30 September 2013 • 05.10 • 0 comments
Artikel ini membahas pengertian
mengenai berfikir matematik dapat menjadikan seseorang mampu berfikir kritis
dan kreatif. Uraian didasarkan atas analisis terhadap: (1) hakekat visi dan
misi matematika masa kini dan masa datang; (2) Fungsi konsep matematika (3)
pengertian konsep matematika (4) Contoh aplikasi konsep matematika berupa soal
dan penyelesaiannya .
A. VISI DAN MISI MATEMATIKA
Istilah
matematik memiliki beberapa pengertian bergantung pada cara pandang orang yang
melaksanakannya. Coba kita ajukan pertanyaan: Apa yang dimaksudkan dengan
matematika, kepada sejumlah orang yang beragam profesinya. Kita akan memperoleh
jawaban yang bervariasi bergantung pada bagaimana orang tersebut memandang dan
memanfaatkan matematika dalam kegiatan hidupnya. Apabila kita cermati, setiap
orang dalam kegiatan hidupnya akan terlibat dengan matematika, mulai dari
bentuk yang sederhana dan rutin sampai pada bentuknya yang sangat kompleks.
Misalnya, menghitung dan membilang, dua contoh kegiatan matematika rutin dan
sederhana, hampir dikerjakan oleh setiap orang. Dua contoh kegiatan matematika
lainnya, “mathematical problem solving” dan “mathematical reasoning”
dikerjakan oleh sekelompok orang tertentu saja. Keadaan kegiatan manusia atau “mathematics
as a human activity”. Sejalan dengan sifat kegiatan manusia yang tidak
statis, pandangan tadi memuat makna matematika sebagai suatu proses yang aktif,
dinamik, dan generatif. Karakteristik lainnya adalah matematika sebagai bahasa yang memiliki
beberapa kesamaan dengan bahasa lainnya antara lain, mereka memiliki aturan dan
istilah tertentu. Karakteristik berikutnya, ditinjau
dari segi susunan unsur-unsurnya, matematika dikenal pula sebagai ilmu yang
terstruktur dan sistimatis dalam arti bagian-bagian matematika tersusun secara
hierarkhis dan terjalin dalam hubungan fungsional yang erat. Uraian mengenai
karakteristik matematika di atas, mengarahkan visi matematika pada dua arah
pengembangan yaitu untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan kebutuhan masa
datang. Visi pertama mengarahkan pembelajaran matematika untuk pemahaman konsep
dan idea matmatika yang kemudian diperlukan untuk menyelesaikan masalah
matematika dan ilmu pengetahuan lainnya. Visi kedua dalam arti yang lebih luas
dan mengarah ke masa depan, matematika memberi peluang berkembangnya kemampuan
menalar yang logis, sistimatik, kritis dan cermat, kreatif, menumbuhkan rasa
percaya diri, dan rasa keindahan terhadap keteraturan sifat matematika, serta
mengembangkan sikap obyektif dan terbuka yang sangat diperlukan dalam
menghadapi masa depan yang selalu berubah. “(http://gurupembaharu.com/home/?p=1331)”
B. PENGERTIAN KONSEP MATEMATIKA
Pengertian
konsep dalam matematika diungkapkan oleh Bahri bahwa konsep adalah satuan arti
yang mewakilisebuah objek yang mempunyai cirri yang sama. Orang yang memiliki
konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek-objek dihadapi, sehingga
objek-objek yang ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan
dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep
ini dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata.
Jadi dengan adanya pengertian konsep ini kita dapat
menyimpulkan bahwa ide dapat dituangkan dalam bentuk contoh maupun bukan
contoh, sehingga orang dapat mengerti suatu konsep secara jelas.
C. TUJUAN KONSEP MATEMATIKA
Tujuan
konsep matematika ini adalah kita dapat mengaplikasikan / menerapkan matematika
ini dalam bentuk soal atau pun tidak sehingga orang dapat memahami secara jelas
dalam penyelesaian soal apapun bentuknya. Untuk itu kita perlu banya belajar
matematika dengan cara membaca buku ataupun berlatih soal-soal sehingga kita
bisa mengaitkan berbagai rumus dalam cabang matematika yang pengerjaannya dapat
dikerjakan dengan beberapa konsep matematika seperti aljabar, trigonometri,
geometri datar, kalkulus, dll.
Label: ALL MATHEMATICS
|
dyas ayu lupita
Thank for coming
![]() Welcome TOP 10 of 27
MEMILIH TES STATISTIK YANG SESUAI
PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK PROGRAM LINEAR
PENGERTIAN JENIS BILANGAN
ISTILAH-ISTILAH DASAR DALAM MEMPELAJARI STATISTIKA
SELUK BELUK MATEMATIKA
TRIMIKAL (TRIOMINO PERKALIAN)
PERBEDAAN STATISTIK PARAMETRIK DAN NON-PARAMETRIK
STATISTIK DAN FUNGSINYA
Tagboard
Leave your footprint here, dont use harsh words :P
Welcome
Thank for following me
![]() Credits
Up!
![]() TOTAL PENGUNJUNG |